reinildaa11s's blog

Kondisi dan Hasil Pertanian di Surabaya

August 7th, 2011 · No Comments

Salah satu kota besar di Jawa Timur adalah Surabaya. Beberapa kawasan yang terdapat di Jawa Timur antara lain permukiman, sawah dan tegalan, perkebunan, hutan, perikanan, peternakan dan sebagainya. Di wilayah Surabaya, kawasan yang menjadi mayoritas adalah perikanan dan pertanian. Namun, kondisi pertanian di Surabaya saat ini sungguh memprihatinkan. Lahan pertanian di Surabaya seluas 1.200 hektare, sekitar 5-10 hektare lahan pertanian telah mengalami penyusutan tiap tahunnya, dan akan diperkirakan lahan tersebut akan habis dalam jangka waktu 24 tahun yang akan datang. Berdasarkan kutipan pada antara news,Jawa Timur, hal ini disebabkan karena lahan dipergunakan untuk perumahan, industri dan sebagainya
Belum ada upaya dalam mempertahankan lahan pertanian karena terkait dengan peraturan daerah. Satu-satunya upaya yang dilakukan Dinas Pertanian saat ini untuk mempertahankan petani di Surabaya adalah dengan menerapkan program “urban farming”. Meskipun ada keterbatasan lahan, para petani yang bertempat tinggal di kota besar seperti Surabaya masih bisa tetap bertani. Urban farming meliputi holtikultura dan kolam ikan. Pada sistem holtikultura, bantuan benih tanaman diberikan pada masyarakata untuk kemudian dikembangkan dengan media pot atau sejenisnya. Begitu pula dengan bibit ikan untuk sistem kolam ikan sehingga dapat dibudidayakan. Meski sistemnya seakan menggunakan kolam, pada kenyataannya budidaya ini tidak menggunakan kolam ikan sebagai sarananya, melainkan dengan memanfaatkan media terpal. Penyebabnya sama dengan berkurangnya lahan pertanian, tidak memungkinkan masyarakat untuk membuat lahan kolam ikan.
Beberapa produk unggulan dari Surabaya antara lain dalam bidang perikanan tangkap dan perikanan budidaya yang diekspor ke manca negara adalah Keting dan Bandeng. Hasil perikanan Keting berada pada wilayah kelurahan Tambak Wedi di Surabaya sedangkan Bandeng berada pada wilayah kelurahan Romokalisari.

Reinilda Alwina (B04110101)

Tags: General