reinildaa11s's blog

Pertanian Indonesia

August 10th, 2011 · No Comments

Sektor pertanian merupakan sektor dasar dalam struktur pembangunan Nasional. Dalam sektor pertanian memiliki banyak pengembangan seperti halnya dengan ilmu pertanian seperti sektor agribsnis, perkebunan, perikanan, peternakan dan lain sebagainya sehingga dapat menampung banyak tenaga kerja. Namun karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap sektor yang berperan strategis ini, program-program pembangunan pertanian tidak terlaksana secara maksimal.
Perkembangan pertanian Indonesia saat ini belum dapat menyejahterakan penduduk Indonesia secara total. Meski produk pertanian Indonesia bervariasi mulai dari hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hutan, namun pengolahan dan pemakaian masih kurang. Dapat dilihat dengan masih banyaknya produk pertanian yang di impor dari luar negeri.
Kondisi pertanian Indonesia semakin melemah bukan hanya karena kurangnya perhatian pemerintah dan masyarakat terhadap sektor ini, tetapi juga karena semakin berkurangnya lahan pertanian seluruh Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Lahan-lahan tersebut digunakan untuk lahan pemukiman penduduk, industri pabrik, mall dan apartemen serta lain sebagainya yang digunakan untuk sarana penunjang kehidupan masyarakat. Kelemahan pada pembangunan pertanian di masa lalu terjadi pada lemahnya dukungan kebijakan makro serta pendekatannya yang sentralistik, sehingga saat ini usaha pertanian masih didominasi oleh usaha dengan skala kecil, modal yang terbatas, penggunaan teknologi yang masih sederhana, sangat dipengaruhi oleh musim, wilayah pasarnya local, umumnya berusaha dengan tenaga kerja keluarga sehingga menyebabkan terjadinya involusi pertanian (pengangguran tersembunyi), akses terhadap kredit, teknologi dan pasar sangat rendah.seta pasar komoditi pertanian yang sifatnya mono/oligopsoni yang dikuasai oleh pedagang-pedagang besar sehingga terjadi eksploitasi harga yang merugikan petani. Kelemahan dalam sektor Pertanian Indonesia sebenarnya dapat diatasi dengan pengelolaan yang baik dalam sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya sehingga kekayaan alam Indonesia dalam berbagai sektor dapat menunjang dan mengembangkan kehidupan masyarakat.

Tags: General